STANDAR, OPERASIONAL DAN PROSEDUR PELANGGARAN MITRA PENGEMUDI


 

Pelanggaran yang dilakukan Mitra Pengemudi (driver ojek online, driver bentor online, driver pesan mobil online dan/atau driver kurir online) JANTAR SALAKAN yang dapat menyebabkan penghentian operasional sementara (suspend) dan putus mitra terdiri dari:

1.      Ancaman Keamanan;

Yaitu segala tindakan yang dapat mengancam keamanan diri Anda (rekan driver) sendiri, sesama Mitra JANTAR SALAKAN, pelanggan, dan masyarakat sekitar. Contoh ancaman keamanan:

Pelanggaran

Sanksi

Melanggar lalu lintas atau berkendara secara ugal-ugalan

Suspend 1 hari kerja (apabila terjadi akumulasi akan berakibat pada suspend 5 hari kerja)

Pelat nomor kendaraan berbeda dengan yang tertera di aplikasi

Suspend hingga putus mitra. Sisa deposit akan dikembalikan apabila Driver putus mitra.

Dokumen resmi (KTP/SIM/STNK) tidak lengkap atau tidak diperbaharui.

Suspend hingga data diperbaharui (Anda harus datang ke kantor operasional).

Melakukan tindakan anarkis, menghalangi Mitra lain dalam menjalankan order, dan/atau mengganggu ketertiban umum

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menyebabkan kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian Driver

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Mengemudi dalam pengaruh alkohol atau obat terlarang

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Melakukan tindakan kriminal

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Melakukan segala tindakan yang berada di luar norma seperti: pelecehan seksual, perkelahian, membahas isu SARA, dan lainnya kepada pelanggan

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menghubungi pelanggan di luar kebutuhan order

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menggunakan akun yang didaftarkan atas nama orang lain atau memperjual-belikan akun sendiri

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menggunakan atribut JANTAR SALAKAN untuk melakukan tindakan yang dapat merugikan dan merusak nama baik JANTAR SALAKAN

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Membawa anak/istri atau orang lain pada saat menjalankan order

Suspend hingga putus mitra. Sisa deposit akan dikembalikan apabila Driver putus mitra.

 *Jika saldo merupakan saldo Bonus di Awal deposit Tidak dapat dikembalikan/ditarik

 

2.      Tindakan Curang;

Yaitu segala tindak kecurangan dengan tujuan untuk memperkaya diri, memanipulasi data dan sistem yang merugikan Pelanggan, Mitra lain, ataupun JANTAR SALAKAN.

Contoh tindakan curang:

Pelanggaran

Sanksi

Memberikan kembalian kurang/meminta pembayaran lebih dari yang seharusnya (tip, uang parkir, uang bensin, dan lain-lain)

Suspend 1 hari kerja (apabila terjadi akumulasi akan berakibat pada suspend 5 hari kerja)

Menekan tombol selesai tanpa menjemput Pelanggan atau mengambil pesanan

Suspend 1 hari kerja (apabila terjadi akumulasi akan berakibat pada suspend 5 hari kerja)

Memasukkan harga barang yang tidak sesuai dengan struk belanja

Suspend 1 hari kerja (apabila terjadi akumulasi akan berakibat pada suspend 5 hari kerja)

Secara sengaja menyelesaikan pesanan dari akun Pelanggan

Suspend. Bila terindikasi order fiktif akan diputus mitra dan denda Rp100.000,-

Dengan sengaja merusak/menghilangkan barang Pelanggan

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menawarkan dan memberikan barang/uang kepada staf JANTAR SALAKAN yang bertujuan menyalahi aturan

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Berbicara kepada Pelanggan menjelek-jelekan Pelanggan lain, Mitra lain ataupun JANTAR SALAKAN

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Berbicara kepada Mitra menjelek-jelekan Pelanggan lain, Mitra lain ataupun JANTAR SALAKAN

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menyelesaikan order dari akun yang sengaja dibuat oleh diri sendiri (order fiktif)

Putus mitra dan denda Rp100.000,-

Secara sengaja membatalkan pesanan namun tetap menjalankan order

Suspend. Bila terindikasi order fiktif, diputus mitra dan denda Rp100.000,-

Dengan sengaja menjalankan pesanan brand jasa antar lain menggunakan atribut JANTAR SALAKAN

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan

Menggunakan aplikasi JANTAR SALAKAN yang tidak resmi/menggunakan aplikasi tambahan untuk memanipulasi aplikasi resmi JANTAR SALAKAN. Contoh: menggunakan Fake GPS

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan.

Menggunakan aplikasi JANTAR SALAKAN untuk kepentingan brand jasa antar lain

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan.

Menggunakan aplikasi JANTAR SALAKAN sebagai alat untuk melakukan tindak kejahatan

Putus mitra dan sisa deposit dikembalikan.

Menggunakan JANTAR SALAKAN sebagai transaksi untuk tindakan ilegal atau penipuan

Suspend. Bila terindikasi order fiktif, diputus mitra dan denda Rp100.000,-

Melakukan transaksi mengatasnamakan JANTAR SALAKAN tanpa aplikasi

Suspend. Bila terindikasi diputus mitra.

 *Jika saldo merupakan saldo Bonus di Awal deposit Tidak dapat dikembalikan/ditarik

 

 

3.      Layanan Buruk

Yaitu segala perilaku yang dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman bagi Pelanggan sehingga berdampak pada penilaian buruk untuk Driver.

Contoh layanan buruk:

Pelanggaran

Sanksi

Pelanggan tidak menerima perlengkapan JANTAR SALAKAN (helm, masker dan penutup kepala)

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 1 hari kerja)

Dengan sengaja menyebabkan keterlambatan dan menjemput Pelanggan

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 1 hari kerja)

Menolak untuk melalui rute yang diminta oleh Pelanggan

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 1 hari kerja)

Dengan sengaja melanggar jalur lalu lintas satu arah

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 1 hari kerja)

Meminta Pelanggan untuk membatalkan order (cancel booking)

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 5 hari kerja)

Tidak mengenakan atribut lengkap (jaket dan helm) pada saat menjalankan order

Suspend 1 hari kerja (akumulasi akan mengakibatkan suspend 5 hari kerja)

Menggunakan kendaraan di bawah standar layanan dalam menjalankan order

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 5 hari kerja)

Membelikan barang yang tidak sesuai dengan pesanan Pelanggan tanpa konfirmasi terlebih dahulu (Mitra Shop)

Suspend 1 hari kerja (akumulasi akan mengakibatkan suspend 3 hari kerja)

Terlalu sering melakukan pembatalan order dalam satu waktu tertentu

Suspend sampai dengan 30 menit

Terlalu sering mengabaikan atau menolak order dalam satu waktu tertentu

Suspend sampai dengan 30 menit

Merokok, memberikan perlengkapan kotor, dan hal lain yang mengakibatkan ketidaknyamanan Pelanggan

Peringatan (akumulasi akan mengakibatkan suspend 1 hari kerja)

Menurunkan Pelanggan di lokasi yang berbeda dengan yang tertera di aplikasi tanpa persetujuan Pelanggan

Suspend hingga putus mitra, sisa deposit akan dikembalikan apabila Driver putus mitra

Berbicara kepada Pelanggan di luar standar layanan sehingga dianggap tidak sopan

Suspend 3 hari kerja (akumulasi akan mengakibatkan suspend 5 hari kerja)

Tidak kooperatif dalam pengembalian barang penumpang yang tertinggal

Suspend hingga putus mitra. Sisa deposit akan dikembalikan jika Driver putus mitra.

Menekan tombol “Selesai” sebelum bertemu Pelanggan

Suspend 1 hari kerja (akumulasi akan mengakibatkan suspend 3 hari kerja)

 *Jika saldo merupakan saldo Bonus di Awal deposit Tidak dapat dikembalikan/ditarik

Pages